Pengalaman Tes Kerja di PT. PamaPersada Nusantara

Selamat Siang semua……

Kali ini saya akan share pengalaman saya mengikuti Tes Pekerjaan Di PT. PAMAPERSADA NUSANTARA. Perlu diketahui PAMAPERSADA NUSANTARA merupakan perusahaan Terbesar yang ada di Indonesia. Lokasi tambang berada di Sulawesi, Kalimantan.

Saya melamar pekerjaan di PT. PAMAPERSADA NUSANTARA melalui karir.itb.ac.id. Setelah melamar selama 2 minggu yang lalu akhirnya saya ada panggilan untuk melaksanakan seleksi pada hari senin 10 Oktober 2016. Saya berangkat dari bekasi yaitu pada hari minggu sore dan tiba di Bandung saat Isya. Untung nya saya mempunyai teman yaitu Bagas. Haloo Bagas makasih yaa udah numpangin di kosannya. Mqlam harinya saya banyakin istirahat dibandingkan belajar. Saat Jam 3 pagi saya terbangun (sekalian solat malam) saya melatih kraplin.

Pagi hari saya berangkat pukul 07.00 sesampainya ditempat sana saya bertemu Patra teman sma saya. wiiih kebetulan banget yaaaa hahaha
Dia mengajak saya sarapan yaudahlah saya ikut saja meskipun saya tidak ikut sarapan.

Kemudian saya disana bertemu lagi teman yang mau tes di Pamapersada. Lupa namanya. duuuh lalu menuju lokasi tes menggunakan mobil dia.
Sesampainya disana ternyata udah pada ramee seetdaaah saya pun menempati bangku nomor 96.

Saat berlangsungnya tes sayaendengarkan dengan seksama, Tes terdiri atas 4 bagian. Diantaranya tes numerik, analogi, gambar, dan bercerita.
Saat awal dibagikan tes seperti Tes adaptif dari tes PLN. Intinya disini kita hatus fokus saja terhadap petunjuknya. Jangan sampai salah membaca petunjuk. Dan satu lagi jika sudah dibilang stop yaa stop saja. Jangan sampai kita menjawab asal ataupun menembak jawaban. Karena akan mempengaruhi hasilnya.

Sehabis Tes ini yaitu tes Kraplin, menjumlahkan dari atas ke bawah . Tips dr tes ini sering sering saja berlatih karena akan melatih fokus kita dan daya tahan sakit di tangan. Selanjutnya yaitu Tes Warteg, Gambar orang, Gambar Pohon, dan Mengarang bebas dengan tema yang bebas. Tes semua ini di lakukan dari jam setengah 9 hingga pukul 12.30.
Diakhir Tes akan langsung di umumkan siapa saja yang berhak melanjutkan tes Wawancara. Alhamdulillah saya masuk salah satunya

Wawancara dilakukan pada hari yang sama, namun ada juga yang dilakukan keesokan harinya jumlahnya yaitu 84 orang. Saya menjadi orang terakhir yang di wawancara yaitu pukul 18.30. Untungnya masih ditemani teman yaitu Rahmat. Weey mat sukses yaaaa.
Wawancara banyak ditanyakan pengalaman dan organisasi. Pada akhir wawqncara ditanya saat seorang misal a mengerjakan 6 hari sedangkan b bisa mengerjakan 10 hari. Berapa hari jika a bersama sama b? saya menjawab 3. duuuh padahal itu logika laaah. tapi masih disalahkan hehehe
kemudian di akhir penjelasan yaitu 3,75 hari. Disuru ngitung sendiri dirumah hahaha
Yowiis pak ok

UPDATE

Setelah 1 bulan lamanya ternyata saya ada panggilan kembali di telfon oleh pihak HRD dari Pama Persada Nusantara untuk mengikuti sesi Interview User. Awalnya saya rada bingung karena saat di telefon saya sedang berkendara di atas sepeda motor. Ditanyakan pada waktu itu domisilinya dimana. Dan nanti akan di jadwalkan untuk sesi Interview User pada hari Rabu( lupa tanggalnya). Interview user ini bertabrakan dengan tes PLN yang ada di Jakarta. Otomatis saya harus mengorbankan salah satunya dan saya pilih mengorbankan PLN.

Saya berangkat pagi sekitar pukul 06.00 menuju bandung tepatnya menuju Telkom University kembali. Sesampainya disana saya tiba puluk 09.30 waduuh ternyata baru 2 orang yang di wawancara. Wiiih lama sekali saya berfikir. Saya kebagian wawancara tepatnya pukul 14.00 dengan Bapak Eko(kalau tidak salah) disuru perkenalkan diri kemudian di sesi ini saya mengenalkan segala organisasi yang pernah ikuti dan aktifitas saya ngapain saja saat kuliah. Sekitar 30 menit Wawancara ini berakhir. Entahlah apa hasilnya saya merasa tidak ada kesulitan saat menjawab pertanyaan yang di ajukan kepada saya saat itu. Semoga hasilnya memuaskan aamiin

Demikian pengalaman saya semoga dapat menjadi persiapan bgi yang akan tes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *