Flashback 1 year ago, 5 Cara Tembus Proposal PKM PIMNAS

Selamat malam……
Apa yang pertama kali kalian ketahui ketika mendengar PKM? banyak yang mengidentikan kepanjangan dari PKM adalah Program Korupsi Mahasiswa. duuuuuh
Tapi terlepas dari itu semua PKM merupakan wadah untuk para mahasiswa yang mempunyai Ide ataupun Gagasan menciptakan sesuatu yang dapat digunakan sehari hari.
kegiatan itu sekitar satu tahun kemarin, tepatnya tanggal 5 – 10 oktober 2015 yang berada di Universitas Halu Oleo, Kendari Sulawesi Tenggara.
Alhamdulillah saya di beri kesempatan untuk mengikuti pesta kreativitas mahasiswa meskipun sudah di bilang sudah lulus. Mungkin banyak orang beranggapan waduuh udah mahasiswa uzur masih ikutan lomba saja. hahaha gak apa apa lah selagi masih ada kesempatan ya di manfaatkan.
Dalam mengikuti kegiatan kemarin saya mengambil tema Thermografi. Sebenarnya thermografi yang saya ambil merupakan tugas akhir saya. yang membedakan disini adalah membuat aplikasi tambahan menggunakan Python dan di terbangkan menggunakan Quadcopter. Sebelum bicara lebih lanjut. Apa itu Thermografi?
Thermografi dari yang saya tahu adalah suatu pendeteksian perbedaaan temperatur dalam bentuk citra thermal. Alat ini dibuat menggunakan sensor thermal yang berbentuk array dan kamera yang hasilnya akan di overlay dalam bentuk citra. Selanjutnya hasil dari pendeteksian akan dikirimkan ke personal komputer ( Laptop ) dengan media komunikasi WI-FI. Hasil dari pendeteksian tersebut akan tampil dalam bentuk display yang bersifat REALTIME.
Sebagaimana kita tahu sebenarnya sudah ada alat yang dapat mendeteksi citra panas suatu objek. alat itu biasanya di sebut dengan FLIR. FLIR atau Forward Looking Infra Red menggunakan teknik thermografi pula namun harga yang di bandrol adalah > Rp. 30.000.000 per buahnya. Bandingkan saja alat yang kami buat yaitu seharga < Rp. 11.000.000 alat ini sudah beserta Quadcopternya. Untuk teman – teman yang ingin Proposal PKM didanai untuk di realisasikan. Mungkin ada beberapa tips:
1. Carilah tema yang unik untuk di jadikan proposal PKM ini.
Maksudnya carilah ide yang tidak biasa. Hal ini kalian bisa dapat dengan mencari referensi – referensi dari Judul yang pernah di biayai oleh Dikti.
2. Buat judul dari proposal semenarik mungkin.
Misalkan saja judulnya bisa seperti ini KUPRET,  Kreatifitas Usaha Pedagang Roti Enak Tangerang. Menarik bukan? hehehe
3. Kerjakan proposal sebisa mungkin yang terbaik.
Disini saya pernah melihat beberapa teman saya asal mengumpulkan laporan proposal. padahal tema yang di ambil cukup menarik dan sangat mungkin di realisasikan oleh Dikti.
4. Sebisa mungkin selesaikan PKM ini sebelum MONEV oleh tim DIKTI jika ingin tembus PIMNAS.
mengapa saya bisa bilang seperti itu? Nilai tertinggi merupakan saat MONEV yang diadakan oleh tim DIKTI. Biasanya kita di berikan waktu untuk presentasi apa yang sudah kita lakukan dan hasilnya akan ditanyakan.
5. Kerjakan dengan NIAT.
Semua akan berawal kembali dengan niat, Kenapa? percuma jika anda sudah didanai oleh Dikti namun nantinya uang yang di berikan tidak dikerjakan dengan sungguh sungguh. Pernah ada cerita Uang yang hasil Dikti malah di bagi – bagikan ke anggotanya. Namun programnya tidak di jalankan. Dan ini pada akhirnya akan berakhir penilaian Tim Monev ke Universitas anda dan mungkin Pembimbing anda yang buruk. duuuh jangan sampai yah
Demikian 5 Tips ini semoga menjadi motifasi buat kita untuk memberikan karya terbaik yang kita buat. Semoga bermanfaat Terima Kasih…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *