Panduan Donor Darah PMI Kota Bekasi

Beberapa pekan lalu, Tepatnya awal mei 2017 saya melakukan donor darah di PMI Kota Bekasi. PMI Kota Bekasi terletak di depan stasiun kota bekasi atau lebih tepatnya di dekat alun – alun kota bekasi.


Untuk melakukan donor darah ada beberapa tips bagi pendonor diantaranya

1. Tidur antara 6 – 8 jam pada malam hari sebelum mendonorkan darah.
2. Apabila sebelumnya anda meminum obat, di urungkan niat untuk mendonorkan darahnya. Karena akan ditolak oleh petugas PMI.

Naah proses untuk mendonorkan darah ada beberapa tahap diantaranya :
1. Mengambil dan mengisi formulir pendaftaran.
2. Menyerahkan formulir pada petugas administrasi. Jika memenuhi syarat akan dilanjutkan ke pemeriksaan pendahuluan berupa penimbangan berat badan, pemeriksaan kadar hemoglobin, pemeriksaan golongan darah.
3. Apabila pemeriksaan lanjutan memenuhi syarat pendonor dipersilahkan untuk mencuci lengan yang akan didonorkan. Selanjutnya akan dilakukan pengambilan darah dan banyaknya darah yang diambil tergantung pada berat badan Anda, proses pengambilan darah berlangsung kurang lebih sekitar 5-10 menit.
4. Setelah pengambilan darah, donor dapat beristirahat sejenak di tempat duduk ruang tunggu, Jangan lupa untuk mengambil kembali kartu donor anda dan bingkisan makanan yang disediakan PMI Kota Bekasi.
5. Selanjutnya Anda dapat kembali beraktivitas.

Untuk diketahui, PMI Kota Bekasi Buka Setiap hari dari jam 9 Pagi Hingga jam 5 Sore. Selain itu setelah kita mendonorkan darah kita mendapatkan bingkisan makanan diantaranya Pop mie, Biskuit, Susu kotak, dan sari Kacang hijau.

Sekian review saya semoga menjadi panduan bagi yang ingin mendonorkan darahnya di PMI Kota Bekasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *