Satu Tahun Lalu 2018 mengikuti Program AOTS Jepang

Assalamualaikum Wr. Wb.

Gak kerasa waktu terasa cepat banget berlalu. Kurang lebih 1 tahun 2 bulan yang lalu tahun 2018 kemarin saya mengikuti program AOTS di Jepang. AOTS merupakan program training yang di berikan oleh perusahaan saya bekerja. apa sih yang dilakukan saat melakukan training di AOTS? Oke saya mengikuti training 3 bulan pertama untuk belajar Bahasa Jepang. Dan 3 bulan selanjutnya saya melakukan training technical. Saya akan menjelaskan 3 Bulan pertama dulu yaa.

3 Bulan di AOTS lebih kuran 12 minggu saya melakukan training, Tepatnya di kota Abiko, OSAKA Jepang. Nama tempat trainingnya yaitu Kansai Kenshu Center (KKC). Kalau tidak salah saya datang 2 hari sebelum hari raya Qurban tahun 2018. Alhamdulillah, disana diadakan solat Idul Adha juga hehehe. Bedanya ngga ada potong hewan Qurban. Di hari itu pula saya mengikuti hari pertama di program AOTS. Disana juga ada orang Indonesia juga yang bekerja sebagai perawat. Makanya kami bisa mengadakan Solat Idul Adha.

Training disana tidak hanya belajar bahasa Jepang, tetapi ada training untuk kunjungan, Training Kuliah (Mendengarkan penjelasan oleh Penceramah) serta liburan juga loh. Yang pertama cerita tentang Belajar bahasa jepang, kita di ajarkan bahasa jepang oleh asli bahasa Jepang. Jadi utamakan kita dapat berbicara dan membaca Hiragana dan Katakana. Di sela sela belajar bahasa jepang juga sering dihadirkan volunter orang jepang agar kita dapat berkomunikasi dengan Orang Jepang Asli. Buku yang digunakan Minna Nihonggo 1 dan Minna Nihonggo 2. Kalo kita ngga mengerti biasanya kita bertanya dan kalo ngga bisa bahasa jepangnya menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Isyarat. hehehe

Yang kedua kunjungan. Kalo kunjungan kurang lebih 3 / 4 kali melakukan kunjungan ke Industri yang ada di Jepang. Berikut kunjungan yang saya lakukan:

  1. Pabrik alat tools seperti obeng, tang dll
  2. Pabrik Koran, Asahi
  3. Pabrik Ocha, Teh Asli Jepang
  4. Pabrik Sabun,
  5. Pabrik Toyota,
  6. Pabrik Energi
  7. Hiroshima Monument
  8. Kinkakuji (kuil di kyoto)
  9. Ke Kelurahannya Jepang (daftarin KTP)
  10. Ke Gedung yg mengajarkan tentang Penyelamatan dari Bencana

Yang Ketiga, yaitu Mendengarkan kuliah. Mendengarkan kuliah dari orang jepang, menggunakan bahasa jepang asli. Biasanya ada penerjemahnya hehehe jadi ngga usah khawatir kalo ngga ngerti bahasa jepangnya hehehe. Lebih kurang 4 sampai 5 kali dilakukan kuliah oleh Profesional yang ada di Jepang.

Lebih kurang seperti itu yang saya lakukan saat 3 bulan pertama di AOTS. Saat hari terakhir, kami melakukan Presentasi Akhir(istilahnya Hapyou) pake bahasa Jepang yaa hehehe.

Sekian ceritanya, kalau ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar

Wassalamualaikum

About Akhmad Harry Susanto

Cuma seorang manusia yang bekerja di BUMN (Badan Usaha Milik Nippon), Yang ingin meraih cita - citanya dan sebisa mungkin tidak untuk mengeluh :D contact email : aharrys@otnasus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *